Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Pertanian Lamandau Pesimistis Produksi Padi bakal Surplus

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 19 Februari 2017 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dinas Pertanian Kabupaten Lamandau memastikan bahwa produksi pertanian, khususnya padi untuk tahun 2016, masih dalam proses penghitungan dan diprediksi baru keluar pada akhir Februari nanti.

Meski begitu, Kepala Dinas Pertanian Lamandau Sunarto, mengaku pesimistis produksi padi pada tahun lalu dapat surplus seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Hasilnya (produksi padi 2016) kan masih proses penghitungan, akhir bulan ini mudah-mudahan bisa kita ketahui. Hanya memang harus kita akui bahwa kita cukup pesimistis hasilnya akan surplus seperti sebelumnya," ungkap Sunarto, Minggu (19/2/2017).

Ia beralasan, produksi padi pada tahun lalu menyusut karena dipengaruhi adanya larangan membakar dalam proses pengelolaan lahan, sehingga para petani banyak yang tidak bisa membuka ladang.

Di sisi lain, kata dia, lahan andalan pertanian, khususnya padi, di Lamandau sejauh ini masih mengandalkan ladang kering.

"70 persen lahan pertanian padi di kita itu padi lahan kering dan masih banyak dikelola dengan pola tradisional. Untuk itu, akibat adanya larang membakar lahan, kita hitung-hitung bahwa kurang dari 50 persen lahan pertanian ternyata tidak digarap di 2016 lalu, karena petani takut terhadap larangan membakar itu," ungkapnya. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru