Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Barito Utara Undang Seluruh Stakeholders Bahas Penanggulangan Karhutla

  • Oleh Ramadani
  • 27 Februari 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Polres Barito Utara menggelar Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Balai Antang, Muara Teweh, Senin (27/2/2017). Rapat tersebut turut dihadiri sejumlah stakeholders, camat, kapolsek, kepala desa, dan tokoh masyarakat.

Kapolres Barito Utara AKBP Roy HM Sihombing mengatakan, dalam menangani kebakaran hutan dan lahan perlu adanya sinergitas, koordinasi, dan kebersamaan.

'Diketahui bahwa sepanjang 2016, kita mampu kurangi atau cegah. Diharapkan pada 2017 ini juga dapat serupa' kata Kapolres.

Disampaikannya pula, maksud dan tujuan rapat koordinasi tersebut ialah untuk mencegah terjadinya karhutla. Selain itu, untuk menyampaikan masalah aspek hukum mengenai karhutla. Pasalnya, membakar lahan merupakan perbuatan melanggar hukum. Sehingga masyarakat harus tahu mengenai aturan itu.

Masih pada kesempatan yang sama, Kapolres berharap rapat koordinasi kali ini dapat menemukan solusi tepat mengenai cara membuka lahan tanpa bakar. Sehingga masyarakat tetap dapat bertani maupun berladang tanpa harus berhadapan dengan hukum.

'Pola membakar untuk membuka lahan harus dapat diminimalisasi, bahkan dihilangkan dari budaya masyarakat di Kabupaten Barito Utara,' pungkasnya. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru