Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Cerita Berdirinya Dusun Betung Versi Bupati Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 Maret 2017 - 15:54 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dusun Betung, Desa Tumbang Liting, Kecamatan Katingan Hilir dicanangkan sebagai pusat pengembangan Budaya Dayak oleh Pemerintah Kabupaten Katingan pada 2016 lalu.

"Kalau sejarah berdirinya Dusun Betung ini, dulu ada sebuah keluarga yang melahirkan enam anak, lima laki-laki dan satu perempuan. Kemudian keluarga tersebut berkembang menjadi sebuah tempat hingga sekarang menjadi lebih 30-an kk (kepala keluarga)," kata Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie. 

Yantenglie menjelaskan, alasan dipilihnya Dusun Betung sebagai pusat pengembangan budaya Dayak, karena kondisi bangunan rumah dan lingkungan sekitar masih kental dengan nuansa Dayak.

Dia mencontohkan seperti konstruksi bangunan rumah yang ada, semuanya berbahan kayu dan sebagian besar adalah dibangun panggung menyerupai rumah betang.

Kemudian pepohonan di pekarangan rumah yang ada tampak rindang dan tegakan kayunya relatif masih cukup banyak, terutama pohon buah-buahan, seperti durian, manggis, mangga, rambutan, ketapi dan buah khas Kalimantan lainnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru