Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Provinsi Riau Paling Sukses Kelola Perkebunan Sawit

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 07 Maret 2017 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah menetapkan Provinsi Riau sebagai contoh yang berhasil dalam pengelolaan kebun kelapa sawit untuk kesejahteraan dan peningkatan ekonomi setempat.

"Dibandingkan dengan daerah lainnya, Riau lebih maju sehingga dijadikan percontohan secara nasional," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Djatmiko Bris Witjaksono, kepada pers di Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Data Pemprov Riau pada 2015 menunjukkan daerah itu merupakan sentra produksi sawit dan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) skala nasional dengan kontribusi sebesar 60% produksi tandan buah segar (TBS) dan CPO.

Total produksi TBS di Riau mencapai 31,5 juta ton, dan CPO sebanyak 6,5 juta ton sepanjang 2015. Luas lahan perkebunan sawit mencapai 3 juta hektare dengan 50% penguasaan dimiliki oleh petani kelapa sawit mandiri atau non korporasi.

Oleh karena itu, pemerintah bersama seluruh pihak yang berkepentingan seperti asosiasi pengusaha hingga pemerintah daerah, menunjukkan dukungan pada pengembangan bisnis kelapa sawit.

"Salah satu bentuk dukungan itu, dengan mengundang duta besar, konsulat jenderal, hingga pelaku bisnis yang berkaitan dengan kelapa sawit, untuk melihat langsung proses pengelolaan industri kelapa sawit berkelanjutan di Riau," papar Djatmiko.

Djatmiko menambahkan, dengan langkah itu, pemerintah dan pelaku usaha memiliki satu pandangan yang sama dalam melakukan promosi dan sosialisasi industri kelapa sawit nasional di luar negeri. Selain itu, upaya tersebut dapat mendorong peningkatan penetrasi produk industri kelapa sawit di pasar global.

"Indonesia bisa menjadi pemain utama pasar CPO di tingkat global, dengan pemahaman yang benar dan jelas, sehingga informasi yang sampai tidak salah," tutur Djatmiko. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru