Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menulis Catatan Perjalanan Itu Mudah, Ceritakan seperti Buku Harian

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Maret 2017 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menulis catatan perjalanan yang menarik ternyata mudah. "Ceritakan apa saja yang ditemui dalam perjalanan, namun tetap ikuti dasar-dasar penulisan contohnya 5W1H, sertakan data-data lengkap yang ditemui dalam perjalanan, kemudian tulis dengan gaya yang cair dan santai sesuai gaya si penulis," ujar Fatris MF, pemateri Travel Writing Class di Hotel Grand Kecubung Pangkalan Bun, Rabu (15/3/2017).

Menurut Fatris, hingga kini belum ditemukan format baku teknik penulisan perjalanan. "Namun paling tidak gunakan bahasa yang baik dan benar. Sertakan keterangan tempat secara lengkap, agar pembaca bisa mendapatkan informasi mengenai suatu tempat dengan bahasa yang lebih santai jika dibandingkan dengan tulisan berita," ujarnya.

Selain itu, seorang penulis catatan perjalanan juga mendapatkan kebebasan seluas mungkin untuk menceritakan hal yang ditemuinya di lapangan. "Karena tulisan catatan perjalanan adalah penggambaran suatu tempat, bisa menggunakan sudut pandang pribadi, orang kedua dan lainnya. Gaya bahasa bebas, sesuai dengan gaya pribadi. Kadang malah mirip tulisan diary atau buku harian," jelasnya.

Travel Writing Class yang diselenggarakan NGO Swisscontact berlangsung sejak Senin (13/3/2017) hingga Rabu (15/3/2017). (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru