Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Janjikan Pemenuhan Hak Anak tidak hanya di Perkotaan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Maret 2017 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Riban Satia memastikan pemenuhan hak anak tidak hanya dilakukan di kawasan perkotaan, tetapi hingga ke daerah pinggiran. Hal itu sebagai upaya pemerintah memenuhi standard kota layak anak yang ingin dicapai pada tahun ini.

Meski demikian, menurut Riban, Pemko Palangka Raya tidak akan bisa bergerak sendiri. Perlu keseriusan bersama, baik antarinstansi maupun pemangku kepentingan untuk mewujudkannya.

"Upaya dalam pemenuhan hak-hak anak tidak hanya terpaku pada daerah perkotaaan, tetapi harus diupayakan secara meluas. Terutama yang menyentuh pemenuhan anak pada daerah-daerah pelosok atau pinggiran kecamatan maupun kelurahan yang jauh jangkauannya," ungkap Riban Satia, Kamis (16/3/2017).

Menurut dia, untuk memenuhi standard kota layak anak harus mampu dilakukan menyeluruh dan menyentuh setiap lapisan.

"Tapi kita mesti bersyukur bahwa kekerasan terhadap anak hampir tidak terdengar lagi di wilayah Kota Palangka Raya. Indikator ini harus dipertahankan. Tapi jangan juga cepat puas karena masih banyak yang harus dibenahi dalam pemenuhan hak-hak anak tersebut," ucap Wali Kota dua periode ini.

Dikatakannya pula bahwa untuk menjadikan suatu kota dikatakan layak anak, bukanlah hal mudah. Sebab setidaknya 24 indikator penilaian yang menjadi acuan. Meski tidak bisa merinci 24 indikator yang dimaksdu, ia menyebut ada banyak hal yang harus dipenuhi. Terutama yang berkaitan dengan upaya mengikis pelanggaran terhadap hak-hak anak. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru