Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Gantung Surapanji Ambruk

  • Oleh Uriutu
  • 17 Maret 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Jembatan Gantung Surapanji yang membentang di atas Sungai Surapanji di wilayah Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan, ambruk. 

Jembatan gantung tersebut merupakan penghubung antara-Desa Taliu, Teluk Telaga, dan Muara Talang, menuju Kota Buntok.

Informasi dihimpun Borneonews, peristiwa robohnya jembatan berkonstruksi kayu ulin yang dirajut tali kawat itu terjadi pada Rabu (15/3/2017) malam.

Penyebabnya, tanah di sekitar oprit jembatan longsor akibat debit air di Sungai Surapanji  terus naik sehingga terjadi erosi.

Seorang warga Desa Talio Utuh Dayak mengatakan, kondisi Jembatan Gantung Surapanji sebenarnya sudah memprihatinkan sejak lama dan puncaknya terjadi pada Rabu (15/3) malam saat hujan deras turun.

'Seiring patah dan ambruknya Jembatan Gantung Surapanji, otomatis jalur darat menyisir pinggiran Sungai Barito tidak bisa dilewati,' kata Utuh Dayak, Jumat (17/3/2017).

Untungnya, lanjut dia, sebagai alternatif, warga masih bisa menggunakan trasportasi air berupa kelotok ukuran kecil. 

Sementara itu, Camat Karau Kuala, Mirwansyah, mengamini kabar mengenai ambuknya jembatan gantung di Sungai Surapanji. Saat ini pihak kecamatan sedang berkoordinasi dengan pemerintah Desa Talio terkait penanganan jembatan gantung tersebut.

'Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah Desa Taliu dan pihak kabupaten terkait longsornya Jembatan Surapanji itu,' ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru