Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Akibat Kalau Bibir Sumbing tidak Segera Dioperasi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Maret 2017 - 04:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Ahmad Yantenglie mengatakan bibir sumbing adalah kelainan atau cacat bawaan berupa celah pada bibir. Jika terlambat diatasi akan mempengaruhi kemampuan berbicara dan mengunyah pada penderita.

"Jika tidak diatasi dengan segera, kondisi ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi," kata Bupati Tenglie saat memberikan sambutan pada seremoni operasi gratis bibir sumbing dan celah langit di RSUD Mas Amsyar, Kasongan, Jumat (24/3/2017).

Komplikasi yang dimaksud Bupati yakni gangguan menelan bagi bayi, sehingga nutrisinya juga terganggu hingga menyebabkan gangguan pertumbuhan.

Pasalnya, kata dia, terdapat hubungan antara mulut dan hidung. Mungkin saja makanan atau minuman masuk ke dalam saluran pernapasan, hingga terjadi aspirasi atau jalan napas tersumbat. "Hal ini merupakan masalah serius, karena dapat mengakibatkan kematian," katanya.

Selain itu, bibir sumbing yang tidak segera ditangani akan membuat anak menjadi sulit berbicara. Padahal pada usia anak kemampuan membentuk kata-kata sangat diperlukan untuk komunikasi selanjutnya. "Komplikasi ini pada akhirnya membuat perkembangan anak terganggu," ucapnya. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru