Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harus Ada Kejelasan mengenai Kelulusan

  • Oleh Ramadani
  • 27 Maret 2017 - 18:27 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Kepala SDN 1 Trahean, Barito Utara (Barut), Suyut mengatakan, berdasarkan keluhan orangtua murid, Dinas Pendidikan perlu menegaskan tentang kelulusan peserta didik.

Pasalnya, saat ini kelulusan peserta didik tingkat SMA tidak dibarengi dengan ijazah dan surat keterangan hasil ujian Nasional (SKHUN) sehingga menyulitkan peserta didik dalam mendaftarkan dirinya ke perguruan tinggi.

'Kesulitan ini mengenai persyaratan dalam memasuki universitas di luar daerah, karena harus membutuhkan surat yang meyatakan siswa tersebut telah lulus, begitu pula di tingkat SD maupun SMP,' terangnya, saat ada kunjungan Bupati Barut H Nadalsyah di sekolah tersebut, Senin (27/3/2017).

Menanggapi hal tersebut, Nadalsyah mengatakan, di luar daerah khususnya di Jawa, sebelum kelulusan siswa sudah mengikuti seleksi masuk ke perguruan tinggi.

"Karena sudah ada gambaran bahwa siswa tersebut lulus apa tidak, karena sekolah memberikan rekomendasi," katanya.

Permasalahan itu, kata dia, akan menjadi catatan dari pemerintah daerah, agar dinas terkait dapat berkerjasama dengan sekolah, sehingga rekomendasi atau keterangan kelulusan dapat dikeluarkan dan diberitahukan kepada siswanya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru