Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rokok Elektrik Lebih Bikin Kecanduan

  • Oleh Cecep Herdi
  • 30 Maret 2017 - 17:28 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rokok elektrik atau vapor saat ini tengah digemari perokok aktif. Mereka beranggapan rokok elektrik lebih aman dibanding rokok konvensional, kretek atau filter.

Kenyataannya berbanding terbalik. Menurut dr Zainudin Aziz, perokok vapor lebih berisiko kecanduan parah dibanding perokok konvensional. "Jangka panjangnya, secara umum rokok elektrik itu adiksi. Tingkat kecanduannya lebih tinggi," kata dokter spesialis paru yang bekerja di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, itu Kamis (30/3/2017)

Ia menyatakan, kadar nikotin yang terkandung saat mengisap vapor itu lebih banyak, berbeda dengan keterangan tertulis yang tertera pada kemasan liquid vapor itu. "Dalam keterangan jumlah nikotin itu biasanya tidak sama antara yang tertulis dan kandungan aslinya," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam jangka panjang, rokok elektrik itu bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan paru-paru molor. "Yang namanya asap rokok itu tidak ada yang menyehatkan. Semua berahaya jika diisap," tegas Aziz. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru