Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tangapan Kepala Bandara Iskandar soal Kalstar yang 'Menginap'

  • Oleh Wahyu Krida
  • 31 Maret 2017 - 12:28 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Bandara Iskandar Pangkalan Bun Khairul Batubara akhirnya buka suara soal pesawat Kalstar Aviation yang menginap di Pangkalan Bun pada Rabu (29/3/2017) sore. "Berdasarkan Notice To Airmen (NOTAM) , waktu tutup bandara iskandar adalah pukul 17.00 WIB. Kemudian kita berikan toleransi waktu hingga pukul 17.30 WIB," jelas Khairul, Jumat (31/3/2017).

NOTAM yaitu pemberitahuan yang disebarluaskan melalui peralatan telekomunikasi yang berisi informasi mengenai penetapan, kondisi atau perubahan di setiap fasilitas aeronautika, pelayanan, prosedur atau kondisi berbahaya, berjangka waktu pendek dan bersifat penting untuk diketahui oleh personil operasi penerbangan.

Menurutnya, NOTAM tersebut selalu berubah setiap bulan tergantung kapan waktu matahari tenggelam di Pangkalan Bun. "Contohnya per 1 April, berdasarkan NOTAM yang kita kirimkan ke masing-masing operator penerbangan waktu tutup bandara pukul 17.00 WIB. Sedamgkan toleransi waktu buka maksimal diperpanjang menjadi 17.45 WIB. Hal ini bisa saja berubah lebih maju atau mundur tergatung kapan sunset terjadi," ujarnya.

Saat ditanya apakah lampu landasan pesawat tidak bisa difungsikan agar pesawat bisa terbang saat malam hari "Lampu tersebut belum dikalibrasi oleh teknisi dari Kementrerian Perhubungan. Petugas kalibrasi tersebut memang bertugas di seluruh bandara di Indonesia. Hingga kini kita masih belum juga mendapat giliran kalibrasi lampu," jelasnya.

Karena lampu landasan belum dikalibrasi, lanjutnya, maka dirinya tidak bisa mengizinkan keberangkatan pesawat Kalstar jurusan Ketapang - Pontianak itu. "Bila terjadi apa-apa dengan pesawat tersebut lantaran terbang dengan kondisi lampu landasan yang belum dikalibrasi jelang sunset, tentunya tujuan utama yang bakal disalahkan adalah saya," ujarnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru