Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Upayakan Pemerataan Bantuan Pertanian agar Produksi Meningkat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 April 2017 - 20:18 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) terus berupaya meningkatkan produksi hasil pertanian melalui peningkatan dan pemerataan bantuan pertanian.

"Bantuan pertanian tersebut akan kami lakukan secara merata, agar hasil produksi para petani bisa lebih meningkat lagi," ujar Kepala Dinas Pertanian Kotim I Made Dikantara, Selasa (4/4/2017).

Bantuan tersebut nantinya akan diberikan kepada para petani, baik itu tanaman pangan maupun holtikultura. Tetapi tentunya ada perbedaan banyak atau tidaknya, karena saat ini ada skala prioritas dan pemilihan komuditas yang lebih diunggulkan. Hal itu dialakukan karena ada keterbatasan bantuan.

Untuk pertanian yang menjadi prioritas tersebut anatara lain padi, jagung, kedelai, cabai dan bawang.

"Saat ini komoditas-komoditas itulah yang lebih banyak mendapat porsi bantuan. Komoditas tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, bahkan fluktuasi harganya terkadang bisa memicu inflasi, khususnya cabai dan bawang merah," terang Made.

Made mengakui, memang tidak semua usulan bantuan bisa dipenuhi. Terbatasnya kemampuan anggaran membuat pemerintah harus menentukan skala prioritas.

"Makanya program di daerah juga disesuaikan dengan program pemerintah pusat. Dengan itu maka diharapkan Kotim juga mendapat kucuran bantuan dari pemerintah pusat," kata Made. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru