Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Angin Ribut, Jangan Berteduh di Bawah Pohon saat Hujan

  • Oleh Cecep Herdi
  • 07 April 2017 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Wilayah Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada awal April ini hampir setiap hari diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga tinggi. Kondisi ini berbeda jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hujan turun selalu diawali dengan datangnya angin ribut.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar meminta masyarakat mewaspadai datangnya angin ribut ini. Pasalnya dua hari ke belakang, angin ribut menumbangkan pohon di pinggir jalan.

"Masyarakat harus tetap waspada sebelum dan sesudah hujan karena perkiraan angin ribut terjadi saat itu," kata Kasi Pencegahan BPBD Kobar, Pahrul Lazi, Jumat (7/4/2017).

Ia mengatakan masyarakat harus menghindari keberadaan pohon ketika angin ribut datang. "Hindari berteduh di bawah pohon besar atau papan-papan iklan yang berpotensi roboh terkena angin," kata dia.

BMKG Kobar juga memprediksi angin ribut akan kembali terjadi selama beberapa hari ke depan. Hal tersebut diakibatkan dari munculnya awan Kumulonimbus (CB). "April ini perkiraan puncak musim hujan. Dan angin ribut itu disebabkan oleh awan cb," kata prakirawan BMKG Pangkalan Bun, Ria Rosanti. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru