Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kobar masih Kekurangan Mobil Damkar

  • 12 April 2017 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kekurangan mobil pemadam kebakaran milik Dinas Damkar dan Satpol PP Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) perlu mendapat perhatian serius dari Pemkab setempat. Mengingat musibah kebakaran di Pangkalan Bun terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Saat ini kami hanya memiliki delapan mobil damkar. Namun hanya enam mobil yang bisa beroperasi," terang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Damkar dan Satpol PP Kabupaten Kobar Hermon F Lion saat dihubungi Borneonews, Rabu (12/4/2017).

Satu mobil, sambung Hermon, mengalami kerusakan fungsi tangga dan satu lagi perlu direkondisi. Kondisi ini sudah ia laporkan dan kini pihaknya masih menunggu respon dari pemangku kebijakan. "Idealnya mobil damkar di Pangkalan Bun sekitar 10 buah, kami masih membutuhkan sekitar empat buah lagi," sebutnya.

Selain itu, personil Damkar yang hanya 30 orang juga dinilai masih belum ideal. Mereka juga membutuhkan sarana pemadam kebakaran yang lebih lengkap, namun semua kebutuhan itu kembali pada kemampuan anggaran daerah. "Sebab peralatan pemadam kebakaran itu hargnya mahal," kata Hermon.

Dia menjelaskan, untuk satu truk damkar standar nasional harganya mencapai Rp2 miliar. Karenanya, kebutuhan tersebut kembali lagi pada ketersediaan anggaran. "Saat ini truk damkar yang biasa beroperasi berjumlah enam unit, ditambah satu mobil bantuan dari Provinsi," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru