Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Faktor Konvergensi Juga Menjadi Penyebab Munculnya Hujan Deras dan Angin Kencang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 13 April 2017 - 13:14 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain awan cumulus, ada lagi faktor yang menjadi penyebab munculnya potensi hujan deras dan angin kencang.

"Faktor tersebut konvergensi. Ini adalah terjadinya pertemuan dua massa udara atau lebih yang menuju wilayah yang memiliki tekanan udara yang lebih rendah," jelas Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Rangga Setya Pratama, Kamis (13/4/2017).

Menurutnya, dalam kasus ini angin yang membawa uap air ke wilayah tertentu menjadi sumber uap air dalam proses penguapan hingga terbentuklah awan penghasil hujan. "Di daerah konvergensi umumnya keadaan cuaca sekitar akan sangat buruk, bahkan hujan bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama karena terbentuk pumpunan awan atau awan dalam sebaran yang luas dan awan tunggal yang berukuran sangat besar," jelasnya.

Fenomena pembentukan awan ini sudah sangat umum bagi dunia penerbangan, sebagai awan yang patut diwaspadai. "Diharapkan masyarakat umum juga mengetahui hal ini. Tujuannya sebagai kesiapsiagaan menghadapi cuaca buruk. Sehingga bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap angin kencang yang dapat merusak tempat tinggal dan fasilitas umum lainnya," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru