Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD mulai Bahas Penanganan Karhutla

  • 14 April 2017 - 18:08 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun ' Tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai membahas penanganan Karhutla. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kobar Hermon F Lion mengungkapkan, penanganan Karhutla tahun 2017 pihaknya akan melibatkan TNI dan Polri serta sejumlah pihak perusahaan. 'Nanti kita juga akan melakukan pengecekan kesiapan setiap perusahaan di Kobar,' jelas Hermon, Jumat (14/4/2017).

Persiapan lain, lanjut Hermon, pihaknya juga akan melakukan simulasi kesiapan setiap sektor dan instansi terkait untuk dilakukan pemetaan penanganan Karhutla. 'Kami akan ukur seberapa siap, termasuk kesiapan sarana dan prasarananya,' beber Hermon.

Kemudian lanjutnya, pembentukan posko karhutla juga penting untuk melancarkan koordinasi. Dan akan dilakukan di setiap wilayah mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

Selain itu, pihaknya juga akan membuat bagan rencana aksi penanganan karhutla yang sudah diketahui, baik itu dengan pemadam kebakaran di darat maupun dengan water bombing dari udara. 'Musim kemarau tahun ini, diprediksi terjadi pada bulan Mei atau awal Juni,' ucapnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru