Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan Produk Olahan dan Kerajinan Desa Jangan Hanya Mengandalkan Dana Pemerintah Daerah

  • Oleh Parnen
  • 15 April 2017 - 19:00 WIB

Borneonews, Kuala Pembuang - Bupati Seruyan Sudarsono meminta seluruh kepala desa di Seruyan agar mampu melakukan pengembangan terhadap hasil kerajinan dan olahan yang bersumber potensi SDA yang dimiliki desa, tidak hanya terpaku pada dana bantuan pemerintah saja.

Sebab, menurut dia, pemerintah desa melalui kepala desa beserta perangkatnya bisa memanfaatkan kucuran alokasi dana desa dan dana desa (ADD/DD), untuk pelaksanaan kegiatan progran pengembangan produk unggulan desa.

"Pihak desa harus lebih kreatif dalam mengembangkan produk unggulan didesanya, baik itu berupa hasil kerajinan maupun produk olahan lainnya," kata Sudarsono, usai meninjau tiap stand pameran yang ditampilkan dari masing-masing kecamatan, Sabtu (15/4/2017).

Begitu juga dengan pihak kecamatan, menurut Bupati, juga harus demikian. Salah satunya, turut memberikan dukungan penuh kepada warga atau desanya yang selama ini sudah banyak menampilkan beragam produk unggulan dari masing-masing wilayah kecamatan.

"Potensi unggulan dari potensi alam atau kerajinan dari tiap kecamatan beda-beda. Namun sayangnya, sampai saat ini masih belum terproduksi secara baik. Salah satu hambatannya, pemerintah daerah masih kesulitan dalam melakukan upaya promosi dan pengembang. Karena masih banyak potensi daerah dari masing-masing kecamatan dan desa yang masih belum tergali secara baik," ungkapnya. (PARNEN/B-8)

Berita Terbaru