Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Gerakan Masyarakat Terkendala Tenaga Kontrak

  • Oleh Hamdi
  • 20 April 2017 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas memprogramkan Gerakan Masyarakat (Germas) untuk menciptakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi mengatakan, program yang digagas langsung oleh Kementerian Kesehatan tersebut belum bisa direalisasikan secara menyeluruh di Kapuas, sebab terkendala tenaga kontrak.

'Jika tahun ini tenaga kontrak disetujui, kita tidak akan kesusahan lagi untuk realisasinya di lapangan. Walaupun kita tetap bisa melaksanakannya dengan formasi yang ada, takutnya tidak akan maksimal,' kata Apendi saat dihubungi melalui telepon, Kamis (20/4/2017).

Ia melanjutkan, program Germas membutuhkan tenaga yang cukup banyak. 'Karena PHBS tersebut juga melingkupi tingkat kesehatan masyarakat. Kita mencek dan selalu mengimbau masyarakat untuk memeriksakan kesehatan di setiap kecamatan,' ungkapnya.

Intinya, lanjut dia, pola pikir dalam dunia kesehatan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. 'Untuk itu tenaga kontrak diperlukan, selain untuk membantu permasalahan medis, juga bisa melakukan imbauan ke mana-mana. Sekarang kita mengusung bahwa mencegah lebih baik dari mengobati. Istilahnya bila dari 100% ada 70% yang sehat, kami akan terus memacu dan menjaga kesehatan 70% kelompok orang ini agar tidak masuk dalam kategori orang sakit,' pungkasnya. (HAMDI/B-3)

Berita Terbaru