Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa di Sukamara Dinilai Mampu Terbitkan Buku

  • Oleh Norhasanah
  • 26 April 2017 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Menurut Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Yogyakarta, Muhsin Kalida, seluruh pelajar di Kabupaten Sukamara dipastikan bisa menulis atau membuat sebuah buku bila terus diberikan pengetahuan dan pelatihan.

'Melalui kegiatan workshop jurnalis siswa ini, saya membuktikan bawa pelajar di Sukamara bisa membuat buku dengan karya sendiri.' Kata Muhsin, Rabu (26/4/2017).

Menurutnya, bila para pelajar terus diberikan pengetahuan tentang menulis, mereka yang sudah memiliki bakat akan mampu mengembangkannya. Karena setiap siswa memang perlu diberi motivasi agar memiliki kepercayaan diri dalam menulis sebuah karya.

'Dalam kegiatan ini, saya memberikan mereka waktu untuk menulis sebuah cerita atau apa saja yang ingin mereka tulis dan dari hasil ini maka kita bisa melihat siswa mana saja yang memiliki bakat menulis dan perlu bimbingan,' tuturnya.

Ia melanjutkan, dalam workshop jurnalis siswa tersebut, dirinya menyampaikan banyak materi. Salah satunya cara meningkatkan minat menulis para siswa, mengingat kegiatan tersebut merupakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

'Gerarakan literasi ini adalah yang dasar, yakni membaca dan menulis dan sementara ini untuk Kabupaten Sukamara gerakan membaca sudah banyak dilakukan dan sekarang hanya bagaimaca cara menumbukan minat menulis pada siswa,' sebutnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPK) Sukamara, Aji Nugraha, berharap melalui Workshop Jurnalis Siswa, maka ke depan peserta didik di SMKN 1 Sukamara harus mampu membuat sebuah karya buku yang ditulis mereka sendiri.

'Kerena kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan minat menulis para pelajar. Maka kita harapkan nanti siswa yang mengikuti kegiatan ini bisa menulis dan membuat sebuah buku,' kata Aji Nugraha. (NOORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru