Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan I Hingga Kini Belum Cair, Kenapa

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 April 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Tunjangan sertifikasi guru untuk triwulan pertama (Januari-Maret 2017) di Kabupaten Lamandau hingga kini masih belum disalurkan. Belum cairnya tunjangan sertifikasi hingga akhir bulan April ini, dikeluhkan banyak guru di kabupaten Lamandau.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lamandau, DR. Meigo Basel, melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketenagaan Dikbud, Eby Iriansen, membenarkan hal tersebut. Ia menyebut, belum cairnya tunjangan sertifikasi guru untuk triwulan pertama tahun 2017 bukan dikarenakan belum turunnya anggaran, tatapi lebih kepada kehati-hatian pemkab dalam penyalurannya.

Menurut Eby, pihaknya tidak ingin terburu-buru mencairkan tunjangan sertifikasi guru sebelum dilakukan sinkronisasi data guru-guru penerima tunjangan yang besarnya satu kali gaji pokok tersebut. "Kita sinkronkan data dapodiknya dengan realitasnya, karena kita hati-hati dalam mengantisipasi kurang bayar, saat ini kita sekarang sedang menyinkronkan data gurunya," jelasnya.

Misalnya, sambung dia, dalam data dapodik, ada guru yang sudah bersertifikasi masa kerjanya 16 tahun. Padahal kenyatannya dia sudah bekerja selama 28 tahun. Seperti diketahui, hingga tahun 2017 ini, jumlah guru bersertifikasi di Lamandau mulai dari guru TK hingga SMP hampir separuh dari total guru yang ada, atau sebanyak 438 orang.

(HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru