Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPK Sukamara Gelar Bimtek Retensi Kearsipan

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Mei 2017 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sukamara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Retensi Kearsiapan, untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam penyusunan arsip secara sistematis. Pertumbuhan akumulasi arsip dinilai akan sejalan dengan perkembangan pelaksanaan fungsi-fungsi unit kerja dalam struktur organisasi instansi.

"Artinya arsip akan terus berkembang dalam jumlah dan jenisnya, sehingga diperlukan fasilitas penyimpanan yang terus berkembang," kata Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sukamara, Aji Nugraha saat membuka Bimtek di Gedung Gawi Barinjam, Rabu (3/5/2017).

Menurut Aji, arsip sebagai endapan informasi dan sebagai suatu roses bersifat fungsional, maka nilai guna arsip akan berubah dan menyusut sejalan dengan tahapan proses tersebut.

"Dengan demikian esensi pemahaman terhadap nilai guna arsip adalah kemampuan untuk melakukan penyususnan secara sistematis agar hanya arsip yang bernilaiguna saja yang harus disimpan."

Aji berharap, melalui kegiatan Bimtek tersebut kemampuan peserta kearsiapan di lingkungan pemerintah Kabupaten Sukamara akan semakin meningkat, tentunya sesuai dengan apa yang diharapkan. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru