Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Murid SD di Sampit Antusias Ikuti Lomba Bercerita

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Mei 2017 - 13:34 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Puluhan murid Sekolah Dasar (SD) sederajat sangat antusias mengikuti lomba bercerita yang digagas oleh Dinas Perpustakaan Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rabu (3/5/2017). Para peserta dengan lantang menyampaikan cerita rakyat di depan para juri.

Salah satu di antaranya Yuda Eka Pratama, siswa SD Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotim. Dia membawakan cerita rakyat dari Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), yang berjudul Tambak Bajai.

Cerita tersebut mengisahkan tentang Raja Damang dan Raja Buaya. Keduanya sempat bermusuhan hingga akhirnya menjalin persahabatan.

"Dalam cerita tersebut dapat diambil contoh bahwa kita harus mengutamakan kejujuran, dan harus dapat menyelesaikan masalah dengan cara damai," ujar Yuda, kepada Borneonews, seusai tampil di hadapan juri, Rabu (3/5/2017).

Yuda mengaku senang dengan adanya lomba bercerita tersebut. Dia bisa belajar dan mengetahui cerita-cerita asli di Kalteng.

Meski baru pertama kali mengikuti lomba bercerita, ia tidak membutuhkan waktu lama untuk persiapan, seperti mempelajari atau mengingat cerita.

"Hanya sekitar sepekan saja saya mempersiapkan diri dengan dibimbing oleh guru di sekolah," kata Yuda.

Walaupun hanya sepekan persiapan, penampilan Yuda cukup menarik perhatian penonton dan para juri. "Saya berharap bisa dapat juara, kalaupun tidak bisa menang tidak apa, yang penting sudah bisa tampil," kata Yuda.

Sementara itu, ada 26 peserta yang tampil dengan menceritakan kisah asli dari Kalteng. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru