Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tajeri dan Purman Jaya Kokoh Duduki Kursi Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan

  • Oleh Ramadani
  • 05 Mei 2017 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Posisi Tajeri dan Purman Jaya dari Fraksi Gerakan Keadilan Karya Bangsa (GKKB) di DPRD Kabupaten Barito Utara tidak tergeser. Dalam rapat penyusunan alat kelengkapan dewan, Jumat (5/5/2017), keduanya tetap bertahan menduduki kursi pimpinan.

Memang Tajeri harus rela melepaskan salah satu jabatan, yakni Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah, tetapi posisinya sebagai Ketua Komisi III tidak tergoyahkan.

Adapun Purman Jaya yang sudah berulangkali meminta tidak dipilih lagi sebagai Ketua Badan Kehormatan (BK), ternyata terus dipercaya memimpin alat kelengkapan dewan tersebut.

Pemilihan alat kelengkapan dewan yang penuh liku akhirnya mencapai klimaks. Sebanyak 19 anggota DPRD yang hadir dengan kepala dingin memilih formula musyawarah untuk mufakat dalam menentukan pimpinan. Mekanisme voting dijadikan alternatif terakhir, sehingga suasana pemilihan menjadi 'sejuk'.

'Sebaiknya kita memilih cara musyawarah untuk mufakat saja. Kalau pemilihan lewat voting, nanti terjadi kubu-kubuan. Saya usulkan cara musyawarah diterapkan dalam pemilihan alat kelengkapan, karena parpol pun banyak yang kembali memilih cara tersebut,' kata Hasrat dari Fraksi Partai Amanat Nasional.

Rupanya usulan Hasrat disambut peserta rapat yang dipimpin Ketua DPRD Barito Utara Set Enus Yuneas Mebas. Pemilihan lalu diserahkan ke setiap komisi, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah, dan Badan Kehormatan. Pemilihan berakhir dalam waktu sekitar 30 menit.

Hasilnya, terpilih sebagai Ketua Komisi I Taufik Nugraha (F-PDIP), Wakil Ketua Sinaryati (Fraksi GKKB), dan Sekretaris Rujani Anggraini (F-Demokrat). Ketua Komisi II HA Mahmud (F-PPP), Wakil Ketua Henny Rosgiaty Rusli (F-PDIP), dan Sekretaris Jamilah (F-GKKB). Ketua Komisi III Tajeri, Wakil Ketua Hasrat (F-PAN), dan Sekretaris Abri (F-PPP).

Kejutan datang saat posisi Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah dipercayakan kepada Helma Nuari Fernando (F-PDIP). Politisi muda asal Partai Nasdem itu sebelumnya tidak masuk dalam bursa calon terkuat. Wakil Ketua BK Mustafa Joyo Muchtar. Sedangkan Ketua BK tetap dipegang Purman Jaya yang sudah tiga periode duduk di DPRD Barito Utara. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru