Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Utara Soroti Penempatan Guru Menumpuk di Kota

  • Oleh Ramadani
  • 09 Mei 2017 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Anggota DPRD Barito Utara, Henny Rosgiaty Rusli saat membacakan rekomendasi LKPJ bupati juga menyoroti soal masalah pendidikan di SMP PGRI yang muridnya hanya tiga orang.

Selain itu penempatan guru lebih banyak di dalam kota Muara Teweh. Masih ada guru yang terlambat kembali ketempat mengajar setelah libur panjang. Untuk efektivitas dan efesiensi perlu dilakukan mutasi tenaga pengajar sesuai dengan tempat tinggal asalnya.

Kemudian kata Henny, proyek yang didanai dari DAK agar jangan dilaksanakan secara swakelola oleh kepala sekolah. Perlu dibuat kebijakan penggajian guru honorer dari APBD. Masih ada bangunan sekolah yang status tanahnya tidak jelas/bermasalah.

'Masalah lainnya bidang pendidikan adanya SDM guru yang masih belum sesuai yang diharapkan. Kekurangan guru agama di SD dan masih ada rumah dinas guru yang ditempati oleh bukan tenaga guru,' katanya, Selasa (9/5/2017).

DPRD merekomendasikan agar pemerintah daerah melakukan evaluasi terhdap sekolah tersebut. Untuk pemerataan penyebaran guru maka perlu dilakukan mutasi guru dari kota Muara Teweh ke kecamatan yang lebih memerlukan.

Selain itu Pemkab Barito Utara menganggarkan dana untuk gaji guru honorer dai dana APBD dan perlu dilakukan inventarisasi status tanah bangunan sekolah. Terkait SDM guru, perlu adanya upaya peningkatan SDM guru melalui bimtek. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru