Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Sukamara Laksanakan Program Kesehatan Jiwa

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Mei 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara melakukan program pembinaan kesehatan jiwa masyarakat di Desa Sekuningan Baru, Kecamatan Balai Riam. Dimana, program tersebut dijalankan oleh tenaga kesehatan (nakes) teladan kabupaten setempat.

'Program yang diusung oleh badan kesehatan dunia atau WHO, dan beberapa tahun ini paramedis ditekankan untuk melakukan pembinaan terhadap kesehatan jiwa masyarakat.' kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sukamara, Ari Junita, Rabu (17/5/2017).

Menurut Junita, program pembinaan kesehatan jiwa ini sudah dilaksanakan sejak dua tahun terakhir dimana setiap tenaga kesehatan teladan melakukan pembinaan untuk satu desa terhadap masyarakat atau pasien yang mengalami gangguan kesehatan jiwa.

'Tingkat gangguan kesehatan jiwa cukup tinggi. Selain itu, gangguan jiwa banyak dialami oleh pasein yang mengalami defresi sehingga butuh pembinaan seperti melihat bagaimana cara mereka mendengarkan serta mengarahkan pasien agar tidak terjadi gangguan jiwa,' terangnya.

Ditambahkannya, dalam masalah pembinaan kesehatan jiwa ini, pihaknya sudah melakukan presentrasi hingga ketingkat Provinsi KalimantanTengah dan berhasil meraih juara sebagai peringkat pertama.

'Dengan meraih juara tersebut, program pembianan kesehatan jiwa yang dilaksanakan oleh Dinask Kesehatan Sukamara dianggap berhasil,' ujarnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru