Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Penambang Tradisional Serbu Kantor DPRD Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 22 Mei 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Ratusan penambang emas tradisional mendatangi kantor DPRD Kabupaten Barito Utara, Senin (22/5/2017). Para penambang merupakan warga dari empat desa/kelurahan di Kecamatan Lahei. Meliputi Desa Juju Baru, Desa Sesa Sanggar, Desa Muara Bakah, dan Kelurahan Lahei.

Koordinator penambang, Ali Superjan, mengatakan pihaknya mendatangi kantor DPRD Kabupaten Barito Utara untuk menyampaikan aspirasi. Pasalnya, selama ini mereka dibuat resah dengan ketidakjelasan status penambang tradisional.

Untuk itu, mereka meminta DPRD Barito Utara menyalurkan dan mengakomodasi aspirasi penambang dengan mendesak pemerintah kabupaten supaya segera memberikan solusi.

Menurut Ali Superjan, masyarakat selama ini kesulitan dalam mencari nafkah selain menambang secara tradisional. 'Karena selama ini harga keret, rotan, dan sebagainya yang menjadi mata pencaharian warga anjlok. Sehingga tambang emas ini menjadi solusi warga untuk mencukupi kehidupan sehari-harinya,' sebutnya.

Ia menegaskan, para penambang hanya meminta agar diberi payung hukum supaya bisa berusaha dengan tenang. 'Selama ini pemerintah tutup mata dengan tambang besar, padahal banyaknya lahan bekas galian tambang belum direklamasi. Warga hanya menuntut keadilan agar para penambang tradisional ini dapat mencari nafkah tanpa ada perasaan waswas. Pemerintah jangan hanya berpihak kepada penambang besar saja,' tegasnya. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru