Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Bawang Merah Malah Turun Jelang Ramadan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Mei 2017 - 15:34 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban menyebut sejumlah komiditas pangan menjelang Ramadan masih stabil.

Meski sudah mendekati bulan puasa, namun harga di pasaran tidak lantas melonjak naik. Malah ada harga komoditi yang menurun.

"Menurut survei kita tidak semua komoditi mengalami kenaikan harga. Kalaupun naik tidak terlalu besar, masih di dikisaran Rp2.000 hingga Rp5.000. Malah bawang merah harganya turun," ungkap Aratuni, Selasa (23/5/2017).

Bila berdasarkan pengecekan di lapangan, lanjut Aratuni, memang hanya ada dua komoditas pokok yang mengalami perubahan harga. Yakni bawang merah yang mengalami penurunan harga Rp2.000 per kilo gram menjadi Rp28.000 per Kg dari sebelumnya Rp30.000 per Kg.

Sedangkan untuk harga ayam kampung mengalami kenaikan Rp5000 per Kg, dari yang sebelumnya Rp60.000 per kg menjadi Rp 65.000 per Kg.

"Harga ini berlaku secara umum. Yang kita hindari kan kalau ada spekulan yang menaikkan harga hingga angka yang tidak wajar. Kalau hanya naik beberapa ribu masih bisa ditoleransi," tambahnya.

Kenaikan harga adalah hal yang wajar menjelang hari-hari besar. Hal ini lantaran permintaan masyarakat meningkat sementara pasokan tetap sama. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru