Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jogging Olahraga Paling Pas saat Puasa, Tapi...

  • Oleh Uriutu
  • 01 Juni 2017 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Meski sedang berpuasa, tubuh tetap membutuhkan latihan fisik agar tetap bugar. Tetapi, harus meperhatikan olahraga yang akan dilakukan. Jangan sampai malah membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk.

'Olahraga yang baik saat bulan puasa itu yakni jogging. Itupun harus dilakukan pada sore hari,' kata Kepala Dinas Kesehatan Barsel, Daryomo Sukiastono, Kamis (1/6/2017).

Dia mengatakan membeberkan, ada beberapa tips untuk melakukan olahraga yang aman di bulan puasa untuk tetap menjaga kebugaran. 

Bila olahraga tersebut menghilangkan cairan yang berlebihan, tentunya akan segera tercukupi saat waktu berbuka.

Selain itu kelelahan yang terjadi akibat latihan berat tersebut tidak akan menimbulkan kelelahan tubuh dan mengganggu performa dalam bekerja.

Menurutnya, orang yang mau berolahraga harus tahu tujuannya untuk apa. Kalau tujuannya olahraga untuk sehat, untuk hidup lebih baik, maka lakukan olahraga sesuai kemampuan tubuh.

"Kalau orang yang biasanya hanya ngantor, lalu ingin hidupnya lebih baik, maka mulailah dengan olahraga ringan karena tubuhnya kan belum siap," kata dia.

Begitu juga dengan kondisi tubuh orang yang sedang berpuasa. Tidak semua olahraga baik dilakukan saat berpuasa. Salah-salah, olahraga justru bisa membuat kondisi tubuh menjadi memburuk.

'Saya tidak mengatakan tidak boleh olahraga berat, tapi sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tubuh. Latihan berat boleh tapi sebaiknya di sore hari, olahraganya pun antara 1-2 jam saja karena setelah itu kan kita berbuka,' jelasnya. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru