Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Pihak Setuju dengan Penerapan Full Day School

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juni 2017 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Tengah Krisnayadi Toendan mendukung penerapan full day school (FDS) di kawasan Kalteng, terutama di Kota Palangka Raya. "Supaya moralitas anak-anak muda tidak semakin rendah, saya sepakat dengan penerapan full day scholl atau sekolah sehari penuh. Karena dengan sistem itu, pihak sekolah punya banyak waktu untuk mendidik siswa dengan pendidikan karakter," ungkap Kris, Senin (19/6/2017).

Dirinya memaklumi, saat ini banyak orang tua yang sibuk sehingga hampir tidak punya banyak waktu untuk anak-anaknya. "Akibatnya, anak-anak kehilangan kendali. Dengan FDS, anak-anak yang merupakan kelompok rentan terpapar pengaruh negatif juga tidak akan punya waktu luang untuk berpikir negatif. Sebab, mereka terlalu sibuk dengan kegiatan sekolah yang bersifat positif," tuturnya.

Hal serupa juga diutarakan Asdy Narang, Anggota Komisi X DPR RI. Menurut anggota dewan yang membidangi Pendidikan dan Kebudayaan ini, penerapan full day school akan meminimalisasi kenakalan yang bisa dilakukan para remaja karena sehari penuh akan berada di bawah pengawasan sekolah.

"Zaman sekarang beda dengan zaman kita dulu ya. Kami melihat bahwa anak-anak sekarang ini kalau dibiarkan banyak waktu di luar rumah, kita takut kalau mereka melakukan hal-hal yang tidak baik. Tapi kembali lagi, fasilitas harus dilengkapi dulu. Karena kalau fasilitas tidak ada kan anak-anak bingung juga mau ngapain di sekolah, belajar di kelas terus kan ya bosan juga. Itu, jadi menurut saya plus minusnya harus dipertimbangkan dulu," katanya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru