Kamis, 21 September 2017
 

 
 

Plasma Sawit

PT SSMS Tbk Tanam Perdana Sawit Plasma di Desa Kumpai Batu Atas

 
 
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama pemilik PT SSMS Tbk - CBI Group H. Abdul Rasyid melakukan penanaman perdana kelapa sawit swadaya masyarakat di desa Kumpai Batu Atas, Selasa (21/6/2017)

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama pemilik PT SSMS Tbk - CBI Group H. Abdul Rasyid melakukan penanaman perdana kelapa sawit swadaya masyarakat di desa Kumpai Batu Atas, Selasa (21/6/2017)

Borneonews / Koko Sulistyo

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Akhirnya harapan masyarakat Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat untuk memiliki kebun plasma terwujud. PT. Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) - Citra Borneo Indah (CBI) selaku mitra melakukan penanaman perdana kelapa sawit plasma swadaya masyarakat, di Desa Kumpai Batu Atas, Selasa (21/6/2017) siang.

Penanaman perdana kebun kelapa sawit di Desa Kumpai Batu Atas (KBA) merupakan lahan masyarakat yang berstatus Area Penggunaan Lain (APL) seluas lebih dari 200 hektare.

Secara simbolis Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, Dirjen Perkebunan Bambang, Bupati dan wakil Bupati Kobar, Bupati Se-Kalteng serta pemilik CBI Group, H. Abdul Rasyid melakukan penanaman pohon kelapa sawit yang diintegrasikan dengan tanaman jagung.

Pemilik Citra Borneo Indah Group H Abdul Rasyid mengatakan, CBI Group yang merupakan perusahaan nasional milik putra daerah berkomitmen sejak lama membantu masyarakat dalam pengadaan bibit gratis bagi masyarakat pekebun kelapa sawit.

"Gubernur di usia 27 tahun juga turut membesarkan CBI group, dan kita sudah berkomitmen membantu masyarakat sudah dilakukan sejak lama," kata H Abdul Rasyid.

Ia juga mengatakan, keberadaan perusahaan PT. SSMS Tbk - CBI Group secara hukum adalah memang miliknya. Namun faktanya bahwa perusahaan merupakan milik masyarakat Kabupaten Kobar. Sebab disana ada zakat harta, sedekah dan berbagai bantuan untuk masyarakat seperti pasar murah Ramadan.

Harapannya dengan penanaman perdana kelapa sawit swadaya pola kemitraan dengan PT. SSMS Tbk merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat.

Di tempat yang sama, Dirjen Perkebunan, Bambang MM mengungkapkan bahwa kegiatan perdana penanaman pohon kelapa sawit merupakan kegiatan awal yang akan terus ditingkatkan seiring meningkatnya jumlah peserta perkebunan dengan pola kemitraan.

Selaku dirjen ia memberikan apresiasi kepada owner PT. Citra Borneo Indah (CBI) Group, H. Abdul Rasyid dan Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran terhadap kegiatan penanaman pohon kelapa sawit perdana pola kemitraan.

Menurutnya langkah yang diambil oleh CBI Group merupakan gagasan besar yang harus diikuti oleh perusahaan besar lainnya. Kalau hal ini bisa dilaksanakan maka tujuan kita membangun optimalisasi lahan perkebunan dalam rangka membangun perkebunan di Indonesia akan terealisasi.

"Saya sangat apresiasi langkah CBI Group dalam membantu masyarakat berupa bibit kelapa sawit, untuk tahap awal berjumlah 100 ribu bibit dan jumlahnya akan meningkat," kata Bambang. (KOKO SULISTYO/B-8)


BERITA POPULER

Pembunuhan

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top