Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pantai Kubu Dijejali Ribuan Wisatawan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 26 Juni 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ribuan warga Kotawaringin Barat dan kabupaten tetangga memadati kawasan wisata Pantai Kubu, Bogam, dan Keraya (Bugamraya), Kecamatan Kumai pada H+1 Idul Fitri 1438 H, Senin (26/6/2017).

Gelombang pengunjung memasuki Pantai Kubu sudah berlangsung sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB dan terus bertambah menjelang siang hingga mencapai ribuan orang. Mereka datang menggunakan beragam jenis kendaraan, mulai dari roda dua hingga enam.

Kebanyakan pengunjung datang bersama keluarga. Sebagian besar dari mereka singgah di Pantai Kubu. Namun pengunjung yang masih remaja mayoritas melanjutkan wisata ke Sei Umbang, Teluk Bogam, Tanjung Penghujan, dan Keraya.

Suriansyah, warga Desa Kubu yang mengelola parkir di kawasan gerbang buaya, menuturkan jumlah pengunjung tahun ini menurun bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal itu terlihat dari jumlah sepeda motor yang parkir. Ia mengungkapkan, jumlah kendaraan yang parkir hanya mencapai 800-an.

" Sepertinya ada penurunan jumlah kunjungan tapi kalau jumlah global dengan yang di Sungai Umbang, Teluk Bogam, Penghujan, dan Keraya serta Tanjung Keluang, saya perkirakan puluhan ribu," tutur Surianyah yang juga dikenal sebagai pegiat lingkungan.

Sementara itu, pengunjung Pantai Kubu, Agus Triharyono yang datang bersama keluarganya, mengatakan bahwa Pantai Kubu menjadi tujuan wisata masyarakat Kobar dan kabupaten tetangga. Saat ini fasilitasnya sudah mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun lalu. Terutama sarana dan prasarana seperti arena bermain anak yang sudah diperbaiki. Sebelumnya sejumlah wahana permainan anak seperti ayunan dan prosotan, banyak yang rusak.

"Tahun ini baguslah penataannya sudah banyak yang diperbaiki arena permainan anak. Apalagi Lebaran ini pengunjung kebanyakan datang bersama keluarga besar," ucap Agus.

Di sisi lain, momen liburan Lebaran membawa berkah tersendiri bagi pedagang. Di sepanjang Pantai Kubu banyak pedagang dadakan yang menjual permainan anak, kuliner, bahkan pakaian serta aksesoris. (KOKO SULISTYO/B-3)

Berita Terbaru