Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Sukamara: Data Berkualitas Hasilkan Kebijakan Pembangunan yang Terarah

  • Oleh Norhasanah
  • 21 Juli 2017 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Bidang (Kabid) Integrasi Pengelolaan dan Diseminasi Statistik Badan Pusat Statistik (IPDS BPS) Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Said, mengatakan apabila daerah memiliki data yang berkualitas maka kebijakan yang diambil pemerintah juga berkualitas.

"Dengan adanya kebijakan yang berkualitas, maka akan memberikan kehidupan yang lebih baik lagi bagi masyarakat," kata Muhammad Said, Jumat (21/7/2017).

Dia menjelaskan, keakuratan data yang dimiliki akan sangat mempengaruhi setiap kebijakan. Sebab, apabila data tersebut salah maka keputusan yang diambil tidak sesuai kebutuhan.

"Misalkan bidang pendidikan. Di data tercatat ada 10 sekolah ternyata yang benar ada 100 sekolah. Sehingga saat mengambil keputusan sudah salah, karena data yang dipakai salah atau tidak benar." katanya mencontohkan.

Dia menambahkan, keakuratan data tidak hanya dibutuhkan pemerintah daerah setempat namun juga provinsi dan pusat. Larena semua kebijakan yang diprogramkan akan melihat data yang disiapkan.

"Untuk itu dalam Focus Group Discussion (FDG) yang digelar BPS Sukamara, harus menghasilkan data yang valid untuk bisa difinalkan." ucap Muhammad Said. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru