Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sistem Zonasi Sekolah Harus Dibarengi Dengan Kualitas

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Juli 2017 - 17:24 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejumlah sekolah menengah atas (SMA) di Kota Palangka Raya mulai menerapkan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru seperti yang telah ditentukan pemerintah pusat. Namun, penerapannya belum berlaku menyeluruh. 

Informasi yang dihimpun Borneonews, masih ada sekolah yang belum menerapkan sistem zonasi, karena memang sekolah favorit masih banyak peminat.

"Memang kalau mau menyalahkan tidak bisa juga. Karena tentu para orang tua menginginkan sekolah yang baik, dengan fasilitas yang mencukupi untuk anak-anak mereka. Kalau ingin menerapkan sistem zonasi secara maksimal maka kualitas sekolahnya harus seimbang. Artinya jangan ada yang sangat terpuruk, sementara itu ada yang memiliki fasilitas sangat mencukupi," ungkap Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Mukarramah, Selasa (25/7/2017).

Ia mengakui bahwa program zonasi sekolah cukup bagus untuk pemerataan jumlah peserta didik. Dengan sistem zonasi, siswa tidak akan menumpuk pada satu sekolah saja. "Misalkan di sekolah favorit siswa mendaftar melebihi kapasitas, sedangkan sekolah yang tidak favorit hanya sedikit yang mendaftar," katanya.

Hanya, lanjut politisi Partai Nasdem itu, program ini masih perlu dikaji lebih dalam. Memang bagus jika sekolah yang memiliki kuota hanya 200 orang siswa tidak memaksakan diri menerima lebih banyak. "Lebih baik diarahkan kepada sekolah yang membutuhkan siswa. Makanya zonasi ini perlu untuk membantu sekolah-sekolah yang kekurangan peserta didik," sebutnya.

Selain itu, undang-undang telah mengatur bahwa setiap ruangan sekolah maksimal diisi 32 orang untuk tingkat SMP. Jadi kalau melebihi kapasitas ruangan, maka tidak terdaftar dalam ujian nasional atau tidak mendapat dana BOS.

"Jadi hal ini juga harus diperhatikan oleh pihak sekolah agar penerimaan siswa disesuaikan dengan kemampuan atau kapasitas ruangan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru