Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKD Gandeng Kesbangpolinmas Prakarsai Tarian Nusantara

  • 09 Agustus 2017 - 16:56 WIB

BORNEONEWS,Kuala Kapuas - Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kapuas bekerja sama dengan Badan Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Kapuas memprakarsai pagelaran tarian nusantara untuk membangkitkan rasa nasionalisme setiap warga negara terutama warga Kapuas. Kegiatan ini melibatkan sanggar tari Timgang Menteng Panunjung Tarung (TPT), Paguyuban Jawa dan TNI.

Demikian disampaikan Ketua DKD Darwandie saat ditemui Borneonews di kantornya, Rabu (9/8/2017). "Tarian Nusantara sebagai upaya membangkitkan kembali rasa nasionalisme kawula muda Kapuas. Desain cerita yang dikemas oleh Dewan Kesenian Daerah nantinya anggota TNI membawa lambang garuda diantara penari yang dipersembakan oleh sanggar tari TPT dan paguyuban Jawa serta anak-anak SD yang menbawa bendera merah putih," terang dia.

Menurut Darwandie, kolaborasi ini memadukan tarian dan lambang negara yang harus dihormati dan dihargai oleh siapa pun sebagai warga negara Indonesia. Tarian ini menggambarkan keberadaan lambang negara baik itu Bendera, burung garuda dan lambang daerah.

"Kita ingin di momentum 17 Agustus 2017 bisa bangkitkan kembali rasa patriotisme bangsa ini. Kemudian akan berikan edukasi kepada anak-anak kita, sehingga bisa menumbuhkembangkan perasaan cinta tanah air, cinta kebhinekaan dan mengamalkan nila -nilai pancasila di dalam kehidupan keberagaman di daerah.Ini inti dari tari nusantara ini," ungkapnya.

Kegaitan ini, lanjut Darwandie, merupakan salah satu program kerja dari DKD yang di padukan dengan salah satu progran kerja Kesbang Polinmas,sehingga setiap bulan agustus ada kerja sama dan intruksi Dandim 1011 KLK untuk libatkan TNI. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru