Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Peran Pemuda Dalam Penanggulangan Bencana

  • Oleh Naco
  • 14 Agustus 2017 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Peran pemuda dalam penanggulangan bencana sangat penting, seperti yang disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan da Logistik BPBD Kotim, Sutoyo kepada anggota Paskibraka Kotim.

"Karena urusan penanggulangan bencana ini sudah menjadi tugas bersama termasuk pemuda," kata Sutoyo, Senin (14/8/2017)

Dijelaskan Sutoyo, peran pemuda sangat penting karena mereka adalah masa depan bangsa, dari itu pemuda harus mampu merubah pola pikir dan revolusi mental yang menjadi program presiden Joko Widodo.

Sehingga masyarakat mengerti tugas dan tanggung jawab dalam menjaga lingkungan, karena itu sudah menjadi tugas bersama. "Pemuda juga harus menjadi pelopor dalam semua aspek pembangunan di Indonesia, khususnya di Kotim," ucapnya.

Seperti yang bisa dilakukan ikut berperan dalam pencegahan, penanaman kembali hutan yang rusak dan selalu menjaga lingkungan. Mengingat saat ini negara membutuhkan pemuda pemudi yang memiliki SDM tinggi, tidak mudah menyerah, memiliki inovasi baru untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di negara ini.

"Selain itu kita sebagai pemuda juga harus peduli dan ikut menolong korban bencana, karena hidup di bumi ini saling membutuhkan satu sama lainnya," tegasnya

Selain itu melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan dampak bencana, baik itu yang diakibatkan kebakaran hutan maupun lahan yang sering terjadi di daerah ini.

"Selain itu yang tidak kalah pentingnya mencari informasi program-program Pemerintah Daerah, Provinsi maupun pusat untuk dapat diberikan kepada masyarakat dalam mendukung pembangunan," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru