Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalteng Sudah Punya Alat Canggih Pendeteksi Sabu

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 Agustus 2017 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) kini tidak perlu lagi repot-repot mengirimkan sampel untuk memastikan keabsahan barang bukti sabu ke pusat. Pasalnya, pihaknya kini sudah memiliki alat canggih tersebut.

Alat itu telah dijajal dan sudah dibuktikan keakuratannya bersamaan dalam kegiatan pemusnahan barang bukti narkotika di halaman belakang, Polda Kalteng, Selasa (15/8/2017).

'Kami sudah ada alat baru untuk mendeteksi langsung apabila menemukan barang bukti sabu. Apakah sabu atau zenith itu akan ketahuan,' kata Kapolda Kalteng Brigadir Jenderal Anang Revandoko.

Singkatnya, sistem kerja dari alat tersebut yakni memasukan sebagian barang bukti ke sebuah botol kecil. Alat itu nantinya akan membaca keabsahan barang bukti tersebut termasuk nama dari jenisnya.

Jika sabu, warna akan berubah dari putih menjadi kekuningan. Kemudian juga akan muncul tulisan narkotika. 'Selain untuk mendeteksi masalah narkoba, juga bisa digunakan untuk mendeteksi bahan peledak,' tutur Kapolda Kalteng. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru