Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Minta Perusahaan Tidak Buat Masyarakat Lokal Hanya Jadi Penonton

  • Oleh Uriutu
  • 21 Agustus 2017 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meminta perusahaan yang beroperasi di wilayah ini, khususnya DAS Barito tidak membuat masyarakat lokal hanya sebagai penonton di tanah kelahirannya sendiri.

'Saya minta perusahaan atau investor yang beroperasi di wilayah Barsel khususnya memperioritaskan menerima karyawan lokal. Agar warga di daerah tidak hanya menjadi penonton di tanah sendiri,' tandas Sugianto Sabran kepada Borneonews, Senin (21/8/2017).

Ia mengatakan, utamakan menerima karyawan warga lokal di sekitar lokasi perusahaan. "Hanya saja diterima sesuai dengan skiil masing-masing."

Meskipun pendidikan tidak sesuai kriteria, lanjut dia, diharapkan perusahaan mau menerima. "Nanti kan ada pelatihan. Di situlah peran perusahaan melatih mereka agar bisa bekerja di tempat yang sudah ditentukan," tandasnya.

Dengan begitu, lanjut dia, masyarakat lokal tidak hanya menjadi penonton di tempat sendiri. Jika mereka sudah bekerja otomatis perekonomian masyarakat bisa membaik dan angka pengangguran menurun.

Ia menyebutkan, dari zaman orde baru hingga sekarang masyarakat Kalteng masih miskin. Padahal sumber daya alamnya luar biasa.

'Untuk itu sekali lagi saya tegaskan perusahaan memprioritaskan menerima warga lokal bekerja paling tidak 70 persen bahkan lebih,' ucap dia.

Ia membeberkan, pada saatnya nanti, pihaknya akan melakukan pengecekan di setiap perusahaan baik itu terkait keselamatan kerja maupun pekerja lokalnya. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru