Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Melalui Program Germas, Dinkes Ajarkan Masyarakat Kelola Sampah

  • Oleh Noor Annisa
  • 22 Agustus 2017 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memilik program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Salah satu tujuan program itu adalah mengedukasi masyarakat tata cara pengelolaan sampah yang baik dan benar.

"Pada program Germas, untuk agenda sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) salah satunya mengelola limbah atau sampah rumah tangga," kata Kepala Dinkes Kotim, Faisal Novendra Cahyanto, Selasa (22/8/2017).

Apalagi, saat ini pertumbuhan pemukiman penduduk yang meningkat dan jauh dari tempat pembuangan sampah (TPS). Sehingga mengakibatkan penumpukan sampah yang sangat berpotensi menimbulkan penyakit.

Walau sampah kelihatan sepele tetapi sangat krusial. Belum lagi jika banyak vektor atau pembawa penyakit yang berada di sekitar sampah.

"Penumpukan jenis sampah dan jumlah vektor bisa menjadi potensi menimbulkan besar dan banyaknya penyakit seperti diare, typus dan lainnya,"sebutnya.

Faisal mengatakan, mengelola sampah dan limbah rumah tangga yang baik, di antaranya memisahkan sampah yang organik dan anorganik dan membuang limbah cairan pada saluran irigasi serta tidak menumpuk sampah terlalu lama. "Biasanya kalau lingkungan rumah tangga itu bersih, di dalammnya juga sehat," pungkasnya. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru