Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlindungan Lahan Gambut Penting Dilakukan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 06 September 2017 - 21:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Universitas Palangka Raya (UPR) Prof Danes Jayanegara, menekankan pentingnya perlindungan atau konservasi lahan gambut. Isu terkait pemanasan global yang salah satunya berasal dari pengeksploitasian ekosistem gambut sangat penting untuk disikapi semua pihak.

Pernyataan itu ia sampaikan saat menjadi pemateri dalam Seminar Nasional yang dikelola Perkumpulan Masyarakat Gambut Indonesia (HGI) bersama UPR di Palangka Raya, Rabu (9/2017). Danes hadir mewakili Rektor UPR Ferdinand yang berhalangan hadir.

Danes dalam kesempatan itu menyebut bahwa laju pembangunan yang diiringi pesatnya pertumbuhan penduduk dunia, membuat manusia memerlukan ruang untuk hidup. Hal ini telah menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap sumber daya alam (SDA) dan lingkungan.

Ekosistem gambut yang merupakan bagian dari SDA juga tidak luput dari segala dampak negatif yang ditimbulkan oleh peningkatan aktivitas manusia, khususnya dalam mengeksploitasi SDA dan lingkungan.

"Bila dibandingkan dengan ekosistem gambut lain di dunia, luas lahan gambut tropis ternyata hanya 8% dari total luas lahan gambut dunia yang mencapai 400 juta hektare. Kemudian sebanyak 60% lahan gambut tropis berada di Asia Tenggara, yang mana luas gambut di Indonesia mencapai 11,5 juta hektare," sebutnya.

Isu-isu terkait pemanasan global yang salah satunya berasal dari pengeksploitasian ekosistem gambut, sangatlah penting bagi semua pihak untuk menyikapinya. Terutama masalah yang terkait dengan emisi C serta kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di lahan gambut, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Terkhusus Kabupaten Pulang Pisau, yang memang selama ini telah menjadi lokasi prioritas terkait 3R (rewetting, rehabilitation, dan revitalization) yang dikoordinasi oleh Badan Restorasi Gambut (BRG)," sebutnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru