Kamis, 21 September 2017
 

 
Lamandau
 

Pramuka

Pramuka Berfungsi untuk Memantapkan Karakter Kaum Muda Indonesia

 
 
Suasana upacara peringatan HUT Pramuka yang digelar di Pelataran kantor Camat Bulik, Kamis (7/9/2017).

Suasana upacara peringatan HUT Pramuka yang digelar di Pelataran kantor Camat Bulik, Kamis (7/9/2017).

Borneonews / Hendi Nurfalah

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kwartir Cabang Geerakan Pramuka Lamandau menggelar peringatan HUT Pramuka yang ke 56 tahun 2017 di pelataran Kantor Camat Bulik, Kamis (7/9/2017).

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan anggota pramuka di Kabupaten Lamandau mulai dari anggota kwartir cabang (kwarcab) sampai dengan anggota kwartir ranting (kwaran) khususnya yang ada di Kota Nanga Bulik. Bertindak sebagai inspektur upacara kala itu yakni Sekda Lamandau, Arifin LP Umbing.

Dalam sambutan dan amanat ketua kwartir nasional (kwarnas), Adhyaksa Dault, pada HUT Pramuka ke-56 yang disampaikan Sekretaris daerah (sekda) Lamandau, Arifin LP Umbing, gerakan Pramuka berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda Indonesia.

"Gerakan Pramuka menjadi rumah besar bagi kita. Dan saya yakin, pramuka dapat menyatukan bangsa ini ketika banyak pihak yang memiliki berbagai kepentingan lainnya. Potensi gerakan Pramuka Sangat besar, mimpi dan visi misinya besar, anggota tersebar di seluruh pelosok tanah air dan jaringan yang kuat dengan organisasinya yang terstruktur secara sistematis," ungkapnya.

Menurutnya, dengan mengusung tema Hari Pramuka yang ke 56 tahun 2017, yakni 'Bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik bagi bangsa' mengindikasikan bahwa gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, utamanya media menyiapkan generasi milenial untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya.

"Bapak Presiden RI selaku ketua Mabinas gerakan Pramuka mengingatkan kita untuk dapat memanfaatkan dengan baik media sosial. Alhamdulillah kami telah merespon dengan cepat, sebab Pramuka adalah kantor berita," jelasnya. Artinya, lebih jauh dijelaskan dia, pramuka harus lebih aktif produktif dan kreatif dalam menyuarakan atau menggambarkan keadaan di sekitarnya, serta menolak berita palsu atau hoax.

"Pramuka tidak sekadar hanya menjadi konsumen informasi tapi fundamental produsen informasi. Selain memberikan informasi di media sosial, pramuka juga merespon dan menolong di tempat," ucapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sekda juga mengimbau kepada publik secara luas, khususnya para orang tua dan guru agar tidak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungannya kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak handal dalam berpikir dan bertindak serta memiliki jiwa bela negara.

Seusai upacara yang berlangsung khidmat itu, Kwarcab Pramuka Lamandau juga memberi penghargaan berupa lencana pancawarsa terhadap sedikitnya delapan orang anggota pramuka dewasa yang dinilai cukup berjasa dan telah aktif selama lima tahun dan kelipatannya secara terus-menerus.
(HENDI NURFALAH/B-2)

BERITA POPULER

Pembunuhan

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top