Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Desa di Kecamatan Kapuas Kuala Wajib Pasang Papan Penjabaran APBDes

  • Oleh Hamdi
  • 14 September 2017 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Camat Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, As'Ary terus memonitor semua proyek desa yang ada di wilayahnya. Sedikitnya ada 60 proyek desa yang pengerjaannya terus dipantau. "Tujuan dilakukan pengecekan ini antara lain untuk meminimalisasi kemungkinan tindak pidana korupsi yang mungkin bakal terjadi," ujar As'ary, Kamis (12/9/2017).

Ia mengakui, selama monitoring proyek, tidak sedikit menemukan pelanggaran, namun masih bisa di perbaiki. "Setiap desa yang ada di wilayah Kecamatan Kapuas Kuala wajib memasang papan pengumuman penjabaran APBDes agar semua masyarakat tahu penggunaan APBDes yang dikelola oleh desa," ungkapnya.

Tidak hanya itu, camat juga mewajibkan semua kades agar memasang papan proyek pada setiap item kegiatan yang dilaksanakan. "Saya berharap dengan adanya papan proyek ini tidak ada lagi penyimpangan pekerjaan yang terjadi," paparnya.

As'ary menambahkan, di semua titik ada datanya, dari harga, letak dan semuanya dicatat. "Proyek yang berhasil dicek tak kurang dari 126 kegiatan fisik yang dicek ke lapangan," sambungnya.

Dan yang lebih penting dari pengecekan tersebut adalah respon positif dari masyarakat. Mereka sangat senang melihat pihak kecamatan hadir dan melakukkan pengawasan langsung atas pekerjaan yang dilaksanakan. "Lokasi kegiatan fisik yang dicek tak kurang dari 200 lokasi dan 70 persen proyek di dominasi pembuatan sumur bor," kata As'ary.

Ia mengakui, masih banyak kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki dalam mengelola dana desa ke depan. "Seperti SDM perangkat desa, sarana pendamping desa, personil teknis dan lain-lain," pungkas As'ary. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru