Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Semua Gambut Bisa Ditanami Padi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 30 September 2017 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Banyak orang atau bahkan praktisi bidang pertanian menyebut budidaya tanaman padi bisa dilakukan pada semua lahan gambut. Hal ini disanggah Profesor ahli gambut asal Jepang, Mitsuru Osaki, saat datang ke Palangka Raya. Tidak semua jenis gambut bisa diaplikasikan untuk padi, tetapi pada daerah dan kondisi tertentu.

'Budidaya padi, isunya bisa diaplikasikan di lahan gambut. Jangan ada salah persepsi mengenai hal ini. Padahal beda (antar kondisi gambut yang bisa dan tidak),' tandas Osaki menyarankan.

Pria yang ditunjuk menjadi Ketua Himpunan Gambut Jepang ini menegaskan, berdasarkan riset yang dilakukannya mengenai nutrisi dalam tanah gambut, ada kondisi yang memungkinkan ditanami padi dengan hasil memadai dengan kondisi yang seharusnya dihindari.

'Kalau mau menanam padi, maka lihat prakondisi utama yang mendukungnya yaitu kandungan unsur hara. Harusnya, membuat peladangan padi di lahan gambut, itu yang dekat pesisir sungai besar atau laut, karena kaya bahan organik dari intrusi air yang masuk,' kata dia.

Ia menegaskan jika petani nekat melakukan budidaya padi di sembarang lahan gambut, bisa saja menuai hasil, tetapi tidak maksimal dan menurutnya, akan menguras energi khususnya keperluan pupuk. Padahal, dengan cara yang tidak banyak menghabiskan pupuk bisa dilakukan. 'Kenapa tidak menggunakan sistem yang lebih memungkinkan ini,' tuturnya.

Hal ini tentu mengingatkan pada kegiatan pembukaan lahan gambut sejuta hektar (PLG) yang ternyata tidak menghasilkan keberhasilan. Menjadi menarik untuk saat ini, karena program pencetakan sawah ratusan ribu hektare sangat gencar dilakukan pemerintah, terutama di Kalimantan. (ROZIQIN)

Berita Terbaru