Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa Syariah IAIN Gelar 'Ngaji Sosmed' Tolak Bala Hoax

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 01 Oktober 2017 - 08:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Berita palsu alias hoax menjadi musuh kejernihan informasi. Hoax mengaburkan bahkan membohongi fakta sebenarnya. Peduli akan simpang siurnya berita-berita yang tidak benar membuat mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya menggelar workshop yang dibungkus dalam cara Ngaji Sosial Media (Sosmed).

Alasannya, berita bohong kerap dianggap benar dan penting lalu dengan bangganya disebar ke beberapa grup secra berantai atau melalui akun medsos. Pesan hoax ini sangat merusak.

Karena itu diperlukan pencerdasan pengguna Medsos. Kegiatan berlangsung Sabtu (30/9/2017) dan diorganisir Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM) Fakultas Syariah. Temanya adalah 'Workshop Ngaji Sosmed cerdas menangkal hoax'.

'Bijaklah dan saling mengingatkan saat menggunakan Medsos serta hati-hati. Saring dulu ketika mendapat berita, dan kroscek kebenarannya kepada sumber yang jelas. Ini yang terus kita serukan,' kata Ketua DEM Fakultas Syariah, Akhmad Kamil Rizani.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Fakultas Syariah ini menggandeng kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

'Kegiatan worshop seperti ini sangat diperlukan di era globalisasi saat ini agar generasi masa depan bangsa Indonesia terjaga dari ujaran kebencian dan fitnah yang keji,' ucap Syarifudin, Wakil Dekan III Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya.

Dia berharap, kegiatan tersebut merupakan langkah awal bagi para pemuda untuk terus memerangi berita bohong atau hoax yang marak terjadi di medsos terutama dalam kurun setahun terakhir. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru