Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Bakal Gelar Bimtek bagi Kades dan BPD

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 Oktober 2017 - 13:00 WIB

BORNEONEWS,Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) bakal menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi para Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kobar. Bimtek yang akan digelar 1 dan 2 November 2017 itu merupakan upaya menyamakan pola kerja dalam penyusunan perencanaan hingga tahapan pertanggungjawaban anggaran pembangunan desa.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Kobar Rody Iskandar, menjelaskan tujuan digelarnya kegiatan tersebut. "Para kades agar bisa mengurus hal -hal yang menjadi masalah terkini contohnya saat penyusunan Anggaran Dana Desa (ADD) hingga pertanggungjawaban anggaran tersebut," jelasnya, Selasa (24/10/2017).

Selain itu, pengetahuan ini juga sangat bagus untuk dikuasai oleh BPD. "Sehingga muncul sinkronisasi dan kebersamaan dalam mengurus pembangunan desa. Jadi konflik internal yang kemungkinan muncul dalam proses pembangunan diharapkan bisa diminim'lisasi sekecil mungkin," jelasnya.

Kemudian, agar hasil bimtek bisa dipahami dan dilaksanakan para Kades dan BPD di bidang tugasnya, sangat diperlukan penyampaian yang mudah dan efektif dari narasumber. "Karena itulah kali ini kita mendatangkan narsum yang kompeten di bidangnya. Ia adalah Kades berprestasi naaional asal Desa Panggung Jarjo Yogyakarta," jelas Rody.

Dengan menjadi narsum dalam bimtek itulah, sang kades bisa membagikan ilmunya pada Kades dan BPD se Kobar. "Pengalamannya selama mengurus pembangunan desa tersebut merupakan ilmu yang berharga. Artinya peserta bimtek tidak lagi hanya mendapatkan ilmu yang bersifat teori saja, namun diajarkan secara langsung secara teknis oleh narsum," jelas Rody. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru