Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hendra Lesmana Siap Lestarikan Kearifan Lokal Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 Oktober 2017 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Menjamin eksistensi tradisi, adat dan budaya, yang saat ini ada dan berkembang di tengah-tengah masyarakat Lamandau adalah suatu keharusan. Hal itu diungkapkan Bakal Calon Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat bersilaturahim dengan masyarakat Desa Penyombaan, Kecamatan Delang, Selasa (24/10/2017).

Ia juga menampik isu yang beredar di masyarakat, jika dirinya terpilih maka akan ada nilai kearifan lokal yang nantinya berpotensi tersisih.

"Jika ada selentingan itu (ada potensi menyisihkan kearifan lokal yang berkembang di tengah masyarakat Lamandau), saya hanya bisa senyum saja. Kenapa Karena saya sendiri meyakini dan sadar betul bahwa tradisi, adat budaya, kesenian lokal yang kini ada di masyarakat Lamandau hakikatnya adalah sebuah kekayaan. Artinya, akan sangat keliru jika kekayaan ini tidak dirawat, tidak dikembangkan bahkan lebih jauhnya dibuang, siapapun itu pasti keliru," tegasnya.

Orang lain atau daerah lain, sambungnya, sudah berbicara bahkan mengimplementasikan pengelolaan sektor kebudayaan dan pariwisata dengan maksimal sehigga sektor itupun bisa dijadikan sektor andalan dalam menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Artinya, kerangka berpikir kita pun jangan mundur, jangan terkecoh dengan isu-isu yang tidak produktif," tandasnya.

Lebih baik, lanjut dia, kaji dengan matang kebijakan yang akan kita ambil dalam mengembangkan daerah, tentukan kebijakan itu serta terapkan secara benar di lapangan seraya tetap lakukan evaluasi secara berkala. Sehingga program-program itu tidak hanya dicanangkan saja tanpa tahu kesinambungannya seperti apa.

"Artinya, seni dan tradisi, adat budaya adalah ruh warga masyarakat, sehingga harus tetap hidup dan bahkan dikembangkan lagi," tukas dia. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru