Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Geram, Ada yang Sembarangan Menumpuk Sampah di Perkampungan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 27 Oktober 2017 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Warga Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat geram. Sebab, ada oknum yang membuang sampah sembarangan di wilayah mereka. Tumpukan sampah rumah tangga yang menggunung itu baru diketahui pagi hari saat warga akan berangkat menjalankan aktivitasnya.

Menurut Arbain, warga RT 02, Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Arbain. Sebelumnya kawasan itu bersih dan bukan merupakan tempat pembuangan sampah. Ia juga heran kenapa ada tumpukan sampah di lokasi tersebut.

Ia meyakini, sampah tersebut adalah sampah dari rumah makan. Selain warna plastik pembungkus sampah berwarna seragam, juga terdapat bekas makanan dan sayuran. "Yang pasti ini bukan sampah rumah tangga warga Raja Seberang dan yang membuang ini pasti menggunakan mobil pikap, kalau tidak segera dibersihkan maka akan menjadi kebiasaan," keluh Arbain.

Senada dengan Arbain, warga setempat lainnya, Abe mengungkapkan kekecewaannya dengan perilaku masyarakat yang tidak tertib. Apalagi gunungan sampah itu dibuang tepat di seberang tempat usahanya sehingga sangat mengganggu pemandangan.

Menurutnya, ketidaktertiban masyarakat ini dimungkinkan karena saat ini tempat pembuangan sampah sudah sulit dijumpai sehingga warga tidak tahu harus membuang sampah ke mana. Beruntung bagi warga yang dilintasi angkutan sampah, tapi bagi warga yang jauh dari jalan protokol akhirnya membuang di sembarang tempat.

"Alangkah lebih baik dibuatkan bak penampungan sampah di tiap Kelurahan sehingga warga tidak bingung lagi, kalau dibiarkan ini akan menjadi masalah di kemudian hari dan menjadi kebiasaan, persoalan yang kita hadapi adalah mengubah perilaku, dan sampah ini contoh dari perilaku buruk," ujar Abe.

Hasbullah, warga lainnya juga menyesalkan perilaku warga yang membuang sampah di wilayah mereka. Bahkan, ia mengancam apabila diketahui siapa pelakunya, ia akan mengantarkan sampah tersebut ke rumah pembuangnya.

"Kalau ketahuan maka akan kami antarkan sampah ini ke pemiliknya," ujar dia. (KOKO SULISTYO/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru