Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemahaman Warga Kelola Keuangan Dinilai masih Rendah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 November 2017 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemahaman warga Kabupaten Katingan dalam mengelola keuangan dinilai masih rendah. Penilaian ini dilontarkan Bupati Katingan,Sakariyas saat pengukuhan TPAKD, Rabu (8/11/1017).

Menurut Sakariyas tugas dan fungsi dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) berdasarkan hasil survei nasional literasi keuangan Indonesia (OJK, 2013), tingkat literasi masyarakat Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Katingan masih relatif rendah.

"Hal ini mengindikasikan pemahaman, kemampuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan masih rendah. Dengan kata lain, masih banyak masyarakat Indonesia terutama di pedesaan belum mengenal dan tidak terjamah produk dan lembaga jasa keuangan," kata Sakariyas.

Di sisi lain, pelaku atau praktisi keuangan juga belum secara keseluruhan memiliki pola pikir dan pola tindak berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam mengakses layanan keuangan secara luas.

"Berdasarkan dengan hal tersebut, peningkatan inklusi dan literasi keuangan yang akan diupayakan oleh tim TPAKD, hendaknya dapat menjadi sebuah solusi untuk meningkatkan struktur ekonomi daerah dan nasional yang lebih baik lagi," harapnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru