Jumat, 24 November 2017
 

 
 

Peternakan

Sapi dari Pemerintah untuk Dibiakkan, dari Swasta untuk Dijual

 
 
Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat, Mustafa Basyir.

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat, Mustafa Basyir.

Borneonews / Koko Sulistyo

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bantuan sapi dari pemerintah kepada peternak lokal untuk dikembangbiakkan, sedangkan sapi kemitraan dari perusahaan swasta untuk dijual. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan daging sapi masyarakat lokal.

“Peternak lokal yang saat ini sedang berkonsentrasi untuk breeding (pengembangbiakan), juga bisa mendapat keuntungan dari hasil penjualan sapi. Sapi yang dijual adalah milik perusahaan yang menerapkan integrasi sawit sapi yang sudah melalui proses penggemukan oleh peternak lokal,” kata anggota DPRD Kotawaringin Barat, Mustafa Basyir.

Dia mengatakan hal tersebut menanggapi gagasan anggota DPR RI asal Kalimantan Tengah H Hamdhani yang mengusulkan agar penggemukan sapi oleh perkebunan sawit besar yang menerapkan integrasi sawit-sapi, juga melibatkan peternak lokal melalui sistem kemitraan.

Melalui sistem kemitraan ini, masyarakat bisa mendapatkan harga daging lebih murah karena pedagang mendapatkan sapi potong bukan dari luar Kalimantan, tetapi dari peternak lokal.

Seperti diketahui saat ini pemerintah melalui Kementerian Pertanian maupun Kementerian Kehutanan sudah memiliki program untuk bantuan sapi agar dikembangkan melalui para peternak sapi lokal. Ini dalam rangka mencapai ketahanan pangan hingga mewujudkan swasembada peternakan. (KOKO SULISTYO/B-11)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top