Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sapi dari Pemerintah untuk Dibiakkan, dari Swasta untuk Dijual

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 14 November 2017 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bantuan sapi dari pemerintah kepada peternak lokal untuk dikembangbiakkan, sedangkan sapi kemitraan dari perusahaan swasta untuk dijual. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan daging sapi masyarakat lokal.

'Peternak lokal yang saat ini sedang berkonsentrasi untuk breeding (pengembangbiakan), juga bisa mendapat keuntungan dari hasil penjualan sapi. Sapi yang dijual adalah milik perusahaan yang menerapkan integrasi sawit sapi yang sudah melalui proses penggemukan oleh peternak lokal,' kata anggota DPRD Kotawaringin Barat, Mustafa Basyir.

Dia mengatakan hal tersebut menanggapi gagasan anggota DPR RI asal Kalimantan Tengah H Hamdhani yang mengusulkan agar penggemukan sapi oleh perkebunan sawit besar yang menerapkan integrasi sawit-sapi, juga melibatkan peternak lokal melalui sistem kemitraan.

Melalui sistem kemitraan ini, masyarakat bisa mendapatkan harga daging lebih murah karena pedagang mendapatkan sapi potong bukan dari luar Kalimantan, tetapi dari peternak lokal.

Seperti diketahui saat ini pemerintah melalui Kementerian Pertanian maupun Kementerian Kehutanan sudah memiliki program untuk bantuan sapi agar dikembangkan melalui para peternak sapi lokal. Ini dalam rangka mencapai ketahanan pangan hingga mewujudkan swasembada peternakan. (KOKO SULISTYO/B-11)

Berita Terbaru