Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Depan Dinas Pertanian Barito Utara Perluas Lahan Pertanian Jagung

  • Oleh Ramadani
  • 17 November 2017 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara telah membuka lahan tanaman jagung seluas 2.500 hektare. Lahan itu tersebar di sembilan kecamatan.

Dari lahan seluas 2.500 hektare itu, Pemkab Barito Utara mampu menyuplai jagung ke Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Setia Budi mengatakan, tahun depan pihaknya akan menambah lahan pertanian jangung seluas 50 ribu hektare.

Kecamatan yang menjadi sasaran perluasan lahan di antaranya Teweh Tengah, Teweh Selatan, dan Teweh Baru. Lahan perluasan itu nantinya akan dibuka di kawasan hutan skunder.

'Untuk hutan skunder luasan lahan dari seluruh kabupaten memang sangat besar. Sehingga lahan inilah yang nantinya menjadi fokus pengolahan areal tanam jagung,' kata dia seusai menghadiri Rapat Paripurna di gedung DPRD, Jumat (17/11/2017).

Adanya penambahan luasan lahan tersebut membuat Dinas Pertanian membutuhkan alat berat seperti bolduzer dan eksavator.

Setia Budi melanjutkan, dengan luas lahan pertanian jagung yang mencapai 2.550, tentunya dibutuhkan anggaran yang sangat besar.

Namun, persoalan anggaran sudah diketahui Gubernur Kalteng dan Menteri Pertanian. Karena keduanya sudah melihat langsung wilayah Kabupaten Barito Utara, yang mana hamparan lahannya sangat cocok ditanami jagung.

'Sesuai dengan visi misi pemerintah provinsi dan daerah dalam mengentaskan kemiskinan, maka lahan pertanian dilakukan perluasan, khususnya di Kabupaten Barito Utara. Tambahan lahan yang begitu besar nanti diharapkan dapat dikelola oleh para petani. Apalagi tanaman jagung bisa dipanen tiga kali setahun. Hal ini, sudah dipastikan menambah pendapatan para petani jagung di seluruh kecamatan,' pungkasnya. (RAMADANI/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru