Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Pengawasan Proyek Pemerintah

  • Oleh Naco
  • 06 Desember 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Hari Rahmad Panca Setia menegaskan agar pengawas proyek pemerintah kabupaten ini harus ditingkatkan.

"Terutama untuk pengawasan kegiatan program yang tengah berjalan. Pasalnya kualitas proyek yang ada tidak menutup kemungkinan tidak sesuai dengan harapan," kata politisi partai Hanura itu, Rabu (6/12/2017).

Menurut Hari pengawas proyek di SOPD pengguna anggaran itu harus diperkuat. Tidak hanya sekadar dalam rangka menciptakan kualitas pembangunan sesuai dengan harapan saja. Namun kualitas dalam hal ini harus jadi perhatian juga.

Selain pengawasan itu, menurutnya, hendaknya para rekanan juga mengerjakan kegiatan sesuai dengan spesifikasi. Dikhawatirkan jika tidak sesuai maka dikemudian hari kegiatan itu akan bermasalah.

"Tentunya jika bermasalah yang diseret untuk bertanggung jawab tidak hanya sekadar rekanan namun juga pengguna anggaran yang dianggap lalai," tegasnya.

Menurut Hari mereka dari DPRD hanya mengingatkan bahwa pentingnya menjaga kualitas dan mutu pekerjaan, selain itu anggaran pemerintah juga sangat rawan bersentuhan dengan hukum

"Untuk kontraktor yang sudah melewati batas pengerjaan hendaknya diberikan tindakan tegas. Apalagi tahun ini rencananya tutup buku sekitar 15 Desember. Artinya tersisa sekitar sepekan kedepan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya, jika ada yang tidak selesai sanksi black list harus dilakukan," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru